Cara Menghadapi Masalah    

Kamis, 28 Maret 2013

Cara Menghadapi Masalah

Seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya, kali ini saya ingin berbagi tentang sedikit cara menghadapi masalah - Face Your Problems.

Tidak ada satu manusiapun yang luput dari masalah, tidak saat ia masih bernyawa, bahkan ketika ia wafat pun masalah masih mungkin dihadapi. Namun tentu saja bukan kapasitas saya untuk saat ini membahas tentang masalah orang yang sudah meninggal.

Baiklah, semua tips yang akan saya bagi adalah tips nyata, semua melalui praktek yang selalu saya lakukan ketika masalah muncul. Karena tiap-tiap kita beda, jadi caranya silahkan dimodifikasi sesuai diri kamu yah.

Tarik Nafas Panjang
Hal yang selalu saya lakukan pertama-tama dalam menyikapi masalah yang ada adalah menarik nafas panjang melalui mulut, menahannya beberapa detik dan melepaskannya melalui hidung secara perlahan. Percaya atau tidak, cara ini sangat efektif mengendalikan diri kamu, apalagi bagi kamu yang kadar emosi nya diatas rata-rata :D Why?! Tentu saja lagi-lagi bukan kapasitas saya menjelaskan secara ilmiah pertanyaan tersebut.

Gumamkan Sesuatu yang Positif
Apa saja, yah, apa saja.. Saya pribadi lebih suka mengucapkan istigfar, sesuai keyakinan agama saya. Lalu melanjutkannya dengan mungkin kalimat seperti, “Alhamdulillah, dapat ilmu lagi nih”.

Identifikasi Masalah
Penting untuk mengetahui masalah apa yang sedang kamu hadapi, untuk memastikan langkah apa yang paling baik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Saya sangat menganjurkan kamu menggunakan alat tulis dan kertas, tuliskan. Jika tidak senang menulis, maka gambarkan, yang penting jangan dihafalkan, dijamin akan makin menambah masalah kamu.

Tuliskan Langkah-langkah
Setelah tahu apa masalahmu, yakinlah secara otomatis pintu-pintu pikiranmu akan bersinergi mengajukan langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk mengatasi masalahmu. Yang perlu kamu lakukan adalah sesegera mungkin mencatat nya ketika otakmu memerintahkan option-option pemecahan masalahmu.

Skala Prioritas
Urutkan menggunakan penomoran, langkah mana yang menurut kamu paling realistis untuk kamu lakukan pertama kali. Ingat !! Yang paling realistis, bukan yang paling sulit atau yang paling mudah, tapi Yang paling realistis !!!

Lakukan !!
Segera lakukan, tidak ada pilihan lain, tidak ada langkah mundur. Kecuali jika kamu bersedia menabung masalahmu lalu memutuskan menyelesaikannya saat semuanya sudah menggunung :D

Nah, mudah kan?! Tapi tentu saja kamu masih bisa menambahkan banyak tips melalui komentar dibawah. Komentar paling oke, akan saya tambahkan di artikel ini. Never let problem make You down, face it, break it !!! (HPA)

0 komentar:

Posting Komentar