Tips Mendewasakan Diri    

Rabu, 27 Maret 2013

Tips Mendewasakan Diri

Umur adalah cermin kedewasaanmu.
Mungkin saat ini ungkapan itu sudah tidak berlaku dan tidak umum terjadi lagi. Karena sesungguhnya kedewasaanpun dapat Kita bentuk sejak dini. Tidak ada keadaan dimana seseorang dewasa terlalu cepat atau bahkan sebaliknya, yang membedakan adalah proses pembentukan kedewasaan yang dialami masing-masing pribadi, baik dalam kesehariannya, hubungannya dengan orang lain dilingkungannya maupun karena faktor ekstrim seperti traumatis dalam keluarga dan lain sebagainya.

Kita tidak akan membahas mengenai sebab karena trauma, karena sejujurnya akan membutuhkan penanganan yang lebih khusus dan tidak singkat.

Nah, adapun beberapa tips yang bisa membantu mu mendewasakan diri, adalah :

Mulailah Dengan Niat Dan Doa.
Tentu saja J Bukankah segalanya akan lebih mudah, jika kita benar-benar meniatkan sesuatu lalu mengiringinya dengan Doa ?!
Mulailah detik ini juga niatkan : “Saya harus menjadi Pribadi yang lebih dewasa, tangguh dan bermental Pemenang, dimulai dari saat ini !!!”

Tidak Sembunyi Dari Masalah.
Masalahmu, harimaumu.. Ups, hehe.. Maksudnya, masalahmu adalah elemen paling penting untuk mendewasakan dirimu, jadi jangan pernah berfikir sembunyi dari masalah demi masalah yang mungkin datang padamu bahkan apabila masalah itu datang pada saat bersamaan. Bagaimana cara menghadapi masalah, kita akan bahas di topik berikutnya yah ;)

Berani Mengambil Tugas Yang Lebih Berat.
Kalau kamu memutuskan untuk mulai lebih mendewasakan dirimu, inilah saat yang tepat untuk memutuskan mengambil tanggung jawab dan tugas yang lebih berat, percayalah, ketika kamu selesai mengatasinya, maka kamu akan berkali-kali lebih tangguh dari kamu yang sekarang J

Menciptakan Role Model
Ketika Kamu bergaul dengan tukang farfum, maka sangat mungkin kamu akan tertular wanginya. Demikian pula, ketika kamu bergaul dengan Positifers (Sebutan saya untuk orang-orang postif), maka patut diyakini, kamu akan ketiban positifnya, walaupun positifnya mungkin hanya berupa dapat traktiran gratis atau yang gratisan lainnya.. Hahaha.. So, mulailah mencari ‘tukang farfum’ yang sesuai dengan kenyamanan kamu, tentu saja bukan tukang farfum sungguhan, tapi guru, mentor, atau Role model yang ketika kamu melihatnya, kamu akan mendapati sifat-sifat positif dalam dirinya, caranya bersikap, dan pembawaanya ketika menghadapi masalah. Biasanya orang-orang ini adalah tipe orang-orang yang sukses secara keluarga dan finansial. Kamu bisa mulai mencari orang-orang ini di tempat-tempat positif tentu saja, banyak kok, salah satunya penulis artikel ini (Hehe.. Prmosi euy).

Praktekkan !!
Tidak ada ilmu yang lebih hebat selain dipraktekkan !! Tolong kamu catat yah kalimat ini. Sehebat apapun niat dan rencana-rencana kamu, tanpa praktek, maka dipastikan hanya akan menjadi kumpulan konsep dalam kertas tak berharga.. Yang kemudian hanya akan menjadi koleksi pembungkus gorengan :D

Semoga bermanfaat yah, jangan takut berkomentar, mau bertanya juga boleh, jangan takut mengkritik, jangan gerah dikritik, niscaya kamu bakal jadi pribadi yang lebih baik.

7 komentar:

  1. sangat bermanfaat, terlebih bagi untuk wanita yg menganggap dirinya lemah :) terimakasih :)

    BalasHapus
  2. membuat keputusan memang gak gampang tapi dari metode ini, itulah awal dari pendewasaan kita para cewe

    BalasHapus
  3. Sangat membantu saya, terimakasih. I wannabe!!

    BalasHapus